RPP Kurikulum 2013 Kelas IV/1 Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)





Satuan Pendidikan         :     SD Negeri 05 Trangkil

Kelas / Semester              :     IV (Empat) / 1

Tema 3                             :     Peduli Terhadap Makhluk Hidup

Sub Tema 1                      :     Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku

Pembelajaran                  :     2

Alokasi Waktu                :     1 x Pertemuan (2 x 35 menit)





A.     KOMPETENSI INTI (KI)

KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.

KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.

KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.















B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR


BAHASA INDONESIA

Kompetensi Dasar (KD)

3.1       Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

4.1       Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

Indikator :
         3.1.1 Menggali informasi dari teks laporan pengamatan tentang hewan



IPA

Kompetensi Dasar (KD)

3.1       Menjelaskan bentuk luar tubuh hewan dan tumbuhan dan fungsinya

4.1       Menuliskan hasil pengamatan tentang bentuk luar (morfologi) tubuh hewan dan tumbuhan serta fungsinya

Indikator :
         3.1.1 Membedakan serangga dan laba-laba





C.     TUJUAN PEMBELAJARAN

  • Dengan berdiskusi dan menjawab pertanyaan, siswa mampu menggali informasi dari teks laporan pengamatan tentang hewan dengan baik.
  • Setelah melakukan pengamatan, siswa mampu membedakan serangga dan laba-laba dengan benar.



    D.     MATERI PEMBELAJARAN
  • Melaporkan hasil pengamatan tentang hewan
  • Mendiskusikan sikap peduli terhadap hewan

    E.     METODE PEMBELAJARAN
  • Pendekatan        : Saintifik
  • Metode               :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

    F.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangPeduli Terhadap Makhluk Hidup”.
¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
¡   Siswa menggambar dan menulis teks deskriptif berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan di rumah dan menuliskan di kolom yang telah disediakan di buku siswa. (Mengasosiasi)
¡   Siswa melengkapi gambar dan tabel di buku siswa setelah melakukan pengamatan terhadap laba-laba dan serangga yang mereka bawa dari rumah.
¡   Siswa melengkapi gambar laba-laba dan serangga yang belum sempurna.
¡   Guru menyampaikan bahwa seperti halnya manusia, hewan juga membutuhkan kasih sayang.
¡   Mereka ingin hidup tenang di alam bebas. Namun, hak mereka menjadi terganggu ketika manusia merusak tempat tinggal mereka dan bahkan mengurung mereka dalam sangkar atau kandang.
¡   Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat di buku siswa. (Mengkomunikasikan)

35 Menit  
Penutup
¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan penilaian hasil belajar
¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit





G.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN

  • Buku Pedoman Guru Tema : Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
  • Buku Siswa Tema : Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
  • Laba-laba dan serangga.

    H.     PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
    Teks deskriptif tentang hewan dinilai dengan daftar periksa. (Bahasa Indonesia)

Kriteria
Keterangan
Ya
Tidak
Saya mampu menyebutkan sedikitnya 4 bagian tubuh hewan dan jumlahnya dengan benar.


Saya mampu menyebutkan sedikitnya 4 bagian tubuh hewan dan fungsinya dengan benar.


Saya mampu menyebutkan warna yang terdapat pada hewan dengan benar.


Saya mampu menyebutkan 3 ciri khusus lainnya dari hewan dengan benar (ukuran, tekstur permukaan kulit/bulu, cara bergerak).





Persamaan dan perbedaan laba-laba dan serangga dinilai dengan daftar periksa. (IPA)

Kriteria
Keterangan
Ya
Tidak
Saya mampu menyebutkan sedikitnya 3 persamaan laba-laba dan serangga


Saya mampu menyebutkan sedikitnyaan 3 perbedaan laba-laba dan serangga





Penilaian sikap teliti, kreatif, rasa ingin tahu.

No
Sikap
Belum Terlihat
Mulai Terlihat
Mulai Ber-kembang
Membu-daya
Ket.
1
Teliti





2
Bertanggung Jawab





3
Disiplin














Mengetahui
Kepala Sekolah,




( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas IV




( Siti Fatimah Yulianti)
NIP ..................................


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendahuluan

Program Tindak Lanjut (Perencanaan Pembelajaran)