RPP Kurikulum 2013 Kelas IV/1 Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 05 Trangkil
Kelas / Semester : IV
(Empat) / 1
Tema 3 : Peduli
Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema 1 : Hewan
dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan (2 x 35 menit)
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan
menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,
sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
BAHASA INDONESIA
Kompetensi Dasar (KD)
3.1
Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya,
gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks
laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator :
3.1.1 Menggali
informasi dari teks laporan pengamatan tentang hewan
IPA
Kompetensi Dasar (KD)
3.1
Menjelaskan bentuk luar tubuh hewan dan tumbuhan dan fungsinya
4.1
Menuliskan hasil pengamatan tentang bentuk luar (morfologi) tubuh hewan dan tumbuhan
serta fungsinya
Indikator :
3.1.1 Membedakan
serangga dan laba-laba
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
- Dengan berdiskusi dan menjawab pertanyaan, siswa mampu menggali informasi dari teks laporan pengamatan tentang hewan dengan baik.
- Setelah melakukan pengamatan, siswa mampu membedakan serangga dan laba-laba dengan benar.D. MATERI PEMBELAJARAN
- Melaporkan hasil pengamatan tentang hewan
- Mendiskusikan sikap peduli terhadap hewanE. METODE PEMBELAJARAN
- Pendekatan : Saintifik
- Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramahF. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Peduli
Terhadap Makhluk Hidup”.
¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
¡ Siswa
menggambar dan menulis teks deskriptif berdasarkan hasil pengamatan yang
dilakukan di rumah dan menuliskan di kolom yang telah disediakan di buku
siswa. (Mengasosiasi)
¡ Siswa
melengkapi gambar dan tabel di buku siswa setelah melakukan pengamatan
terhadap laba-laba dan serangga yang mereka bawa dari rumah.
¡ Siswa
melengkapi gambar laba-laba dan serangga yang belum sempurna.
¡ Guru
menyampaikan bahwa seperti halnya manusia, hewan juga membutuhkan kasih
sayang.
¡ Mereka ingin
hidup tenang di alam bebas. Namun, hak mereka menjadi terganggu ketika
manusia merusak tempat tinggal mereka dan bahkan mengurung mereka dalam sangkar
atau kandang.
¡ Siswa
melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat di buku siswa. (Mengkomunikasikan)
|
35 Menit
|
Penutup
|
¡ Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡ Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
¡ Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti.
¡ Melakukan
penilaian hasil belajar
¡ Mengajak semua
siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
G. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
- Buku Pedoman Guru Tema : Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
- Buku Siswa Tema : Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
- Laba-laba dan serangga.H. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJARTeks deskriptif tentang hewan dinilai dengan daftar periksa. (Bahasa Indonesia)
Kriteria
|
Keterangan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|
Saya mampu menyebutkan sedikitnya 4
bagian tubuh hewan dan jumlahnya dengan benar.
|
|
|
Saya mampu menyebutkan sedikitnya 4
bagian tubuh hewan dan fungsinya dengan benar.
|
|
|
Saya mampu menyebutkan warna yang
terdapat pada hewan dengan benar.
|
|
|
Saya mampu menyebutkan 3 ciri khusus
lainnya dari hewan dengan benar (ukuran, tekstur permukaan kulit/bulu, cara
bergerak).
|
|
|
Persamaan dan perbedaan laba-laba dan serangga dinilai dengan daftar
periksa. (IPA)
Kriteria
|
Keterangan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|
Saya mampu menyebutkan sedikitnya 3
persamaan laba-laba dan serangga
|
|
|
Saya mampu menyebutkan sedikitnyaan 3
perbedaan laba-laba dan serangga
|
|
|
Penilaian sikap teliti, kreatif, rasa ingin tahu.
No
|
Sikap
|
Belum Terlihat
|
Mulai Terlihat
|
Mulai Ber-kembang
|
Membu-daya
|
Ket.
|
1
|
Teliti
|
|
|
|
|
|
2
|
Bertanggung Jawab
|
|
|
|
|
|
3
|
Disiplin
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas IV
( Siti Fatimah Yulianti)
NIP ..................................
|
Komentar
Posting Komentar